Kesehatan

Suka Depresi? Simak Tips Berikut Cara Mencegahnya

Tambah banyak saja orang yang alami stres. Data dari Tubuh Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, paling tidak sekarang jumlahnya mereka di dunia kurang-lebih capai 300 juta orang. Jumlahnya itu naik kurang lebih 18 prosen dalam tenggang sepuluh tahun paling akhir.

Nah, bila angka itu lancar terus meluncur, bukan tidak mungkin stres terus akan naik pangkat untuk jadi penyakit nomor dua paling tinggi pada 2020. Sekarang, menurut WHO, masalah stres ada pada barisan ke-4.

Tetapi, tenang, ada berita baiknya, kok. Riset yang dikerjakan Black Dog Institute, satu rumah sakit jiwa di New South Wales, Australia, mengatakan jika stres dapat diusir yang benar-benar simpel, yaitu teratur mengerjakan olahraga sepanjang satu jam dalam 1 minggu. Langkah ini bisa menghambat stres semasa depan.

Hasil riset yang diedarkan dalam American Journal of Psychiatry itu menyebutkan jika beberapa latihan kecil bisa buat perlindungan diri pada stres serta mempertahankan kesehatan mental. Kegunaan ini dapat dirasa para pria atau wanita, berapa saja usianya.

“Kami sudah mengetahui jika olahraga punyai andil dalam sebagai obat tanda-tanda stres, namun ini yaitu kali pertamanya kami bisa mengukur kekuatan mencegah pekerjaan fisik dalam soal kurangi tingkat stres semasa depan,” kata periset pokok, psikiater Samuel Harvey dari Black Dog Institute serta University of New South Wales di Australia.

Dalam riset ini, klub yang terdiri atas ilmuwan dari Inggris, Australia, serta Norwegia itu memakai data dari Health Study of Nord-Tr√łndelag County–salah satu survey kesehatan berbasiskan populasi paling besar serta terlengkap yang sudah pernah dilakukan–yang dikerjakan di antara Januari 1984 serta Juni 1997. Jumlahnya sampel yang diperlukan yaitu dari 33 ribu orang dewasa.

Grup peserta yang sehat disuruh untuk memberikan laporan frekwensi latihan yang mereka turuti serta intensitasnya. Mereka pula disuruh untuk menuliskannya situasi yang dirasakannya, apa terengah-engah atau berkeringat, sesak napas serta berkeringat, atau melelahkan diri kita. Pada babak tindak lanjut, mereka disuruh isi quesioner untuk pahami kekuatiran atau stres yang ada.

Klub periset pula pertimbangkan variabel yang kemungkinan pengaruhi pertalian di antara olahraga serta penyakit jiwa umum. Ini termasuk juga aspek sosial-ekonomi serta demografi, pemanfaatan zat, indeks massa badan, penyakit fisik baru, dan suport sosial yang dirasa. Hasil riset juga memperlihatkan jika orang yang sekali-kali tak mengerjakan olahraga sejak mulai awal punyai 44 prosen peluang alami stres, ketimbang dengan mereka yang giat mengerjakan olahraga satu hingga sampai dua jam 1 minggu.

Pada mereka yang alami stres, klub mendapatkan jika kurang lebih 12 prosen perkara itu dapat di hindari kalau peserta cuma melaksanakan satu jam pekerjaan fisik tiap-tiap minggu. Data ini pun searah dengan riset lain yang memperlihatkan arah yang sama.

“Kami masih berupaya untuk tentukan lewat cara pastinya kenapa olahraga bisa punyai dampak perlindungan ini. Tetapi kami meyakini ini datang dari efek campuran beberapa kegunaan fisik serta sosial dari pekerjaan fisik,” tuturnya.

Harvey pula mengatakan, hasil itu begitu penting lantaran pergantian pola hidup yang kecil juga bisa memetik kegunaan kesehatan mental yang subtansial. “Dengan pola hidup yang sedikit menjadi etika di pelosok dunia serta bikin tingkat stres bertambah,” kata Harvey.

Menurut Survey Kesehatan Australia, 20 prosen orang dewasa Australia tak beraktivitas fisik reguler, serta lebih dari sepertiga habiskan kurang dari 1,5 jam per minggu untuk aktif lewat cara fisik.

Pada waktu yang sama, kurang lebih 1 juta orang Australia alami stres, dengan salah di antara satu dari lima orang Australia berumur 16-85 alami penyakit jiwa tiap-tiap tahun. Hasil ini, Harvey menambahkan, miliki potensi untuk mengintegrasikannya ke gagasan kesehatan mental individu serta kampanye kesehatan orang yang lebih luas.

“Kalau kita bisa mendapatkan teknik untuk menaikkan pekerjaan fisik populasi, meskipun dengan jumlahnya kecil, dapat bawa efek fisik serta mental yang besar dan keuntungan sehat,” tuturnya.

 

sumber:teras.id
Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close